Laporan 10

LAPORAN PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER
CLIENT-SERVER TCP DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhUDLn72381xITe0cOP5-BUvYbZFY62cqoo0w0EVdGjBxWhXkAZRktMBgmZ44VXCGy3-Ay2aLB6P7Fe_xT5EgEnoe510ee6sCkb1RwS0vj6b1DR7UwHg8CXOyj8k1HwARXul7d6QYYeiXE/s1600/logo+trisakti.jpg





Disusun Oleh Kelompok F :

Febriana               064001600017
Alfando Halatu    064001800023
Putry Shan           064001800012
Carmelita Evani   064001800037




Teknik Informatika


Fakultas Teknologi Industri


Universitas Trisakti


Jakarta – Indonesia


2019




Teori Percobaan

Client Server adalah suatu bentuk arsitektur, dimana client adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan dan menjalankan aplikasi (software komputer) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, dan keamanannya. Kelebihan Client Server :
- Lebih aman - Semua data dapat dibackup pada satu lokasi sentral - Kecepatan akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitas jaringan dan pengelolaannya dilakukan secara khusus oleh satu komputer (server) yang tidak dibebani dengan tugas lain sebagai workstation Kekurangan Client Server : - Membutuhkan administrator yang handal - Pelaksanannya mahal - Jika server mati maka komputer clent akan mati juga
CARA PERCOBAAN
1. Siapkan dua laptop untuk percobaan. Laptop ke-1 untuk server laptop ke-2 untuk client
2. Tulis Source code untuk laptop client

 https://lh5.googleusercontent.com/tsY3VdRJZ3H9yH_WbBjw3U7ADL6Haodygf_vMJxJ7VqDFTLgZfic0xEJ8XQvCTwajYhYOSE-X2z9q-gRdoyd7Y3dnCScZzt5l24rhgTfy3_W1zJquFZQeTOSGwE-MR2GjnnDwSt79wFlU-PYwQ
3. Tulis Sourcode untuk laptop server
https://lh5.googleusercontent.com/1njKBJM-10z-5OQmaj1mXvpRZHGSSosb6Tpk0sHU1tIkYlzJ5SYLih2b2BM0E6NwaHiMAM9JizJguW22pvYHk2LVaUWKK6tc0C2ao3koHi561nHzEQ3ApQjbndqpHcwmKqSPE7XlSg0cSsaU0Q
4. Jalankan program server terlebih dahulu

5.Sekarang jalankan program client
https://lh3.googleusercontent.com/tVksl4DePMUj9kgYpMYRw5yCFWvBrly5o5732DKj4mQdq_0v2fBzDdkYrERAex3SpoumY1LjvXBAFX8CgGpF3mD7AC2Dfuzex1y5oinvbjANqxFAmbHtoHnuzsGtfqJthJBtxJbBJye456e9VQ

6. Selanjutnya kita mengirim pesan dari Client dan akan diterima oleh Server dan proses chatting berhasil.




KESIMPULAN

Jaringan client server didefinisikan sebagai suatu arsitektur jaringan komputer dimana perangkat client melakukan proses meminta data, dan server yang memiliki tugas untuk memberikan respon berupa data terhadap request tersebut.

Perangkat client biasanya berupa perangkat komputer dengan aplikasi software jaringan yang telah terinstal guna untuk meminta dan menerima data melalui jaringan.

No comments:

Post a Comment

Laporan 9

Praktikum Jarkom 9